Efrina, Riza (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YNG MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) DAN TABPA MENGGUNAKAN METODE PETA PEKIRAN (MIND MAP) PADA MATEI EKOSSTEM DI KELAS X SEMESTER 2 MA AL-HIDAYAH MEDAN T 201/214. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341041 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409341041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409341041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
409341041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
409341041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409341041 TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409341041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409341041 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
409341041 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409341041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar siswa Yang Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Map) Dan Tanpa Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Map) Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Semester 2 SMA Al-Hidayah Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester gaenap SMA Al-Hidayah Medan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1(sebagai kelas eksperimen ) dan kelas X-2 (sebagai kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa ditentukan dengan cara purposif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah teruji validitas,reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 43. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mind Map dan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa metode Mind Map. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,167dan kelas kontrol 70,5.Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,832 sedangkan t = 0,05 = 1,99. Karena thitung > t = 0,05 (1,832 > 1,99) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan metode Mind Map dan Tanpa metode Mind Map pada sub materi pokok ekosistem kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Efr p |
Keywords: | Hasl Belajar;Metode Pta Pikra; Ekosistem; Biotik dan Abiotik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11184 |