Wulandari, Indah (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MIND MAPPING PADA SUB MATERI SISTEM INDERAMANUSIA DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141041 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
409141041 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409141041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409141041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409141041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409141041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141041 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141041 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
409141041 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409141041 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada sub materi sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada sub materi sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013, dan 3) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Mind Mapping pada sub materi sistem indera manusia di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang berjumlah 155 siswa dan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 80 siswa. Dimana kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Make a Match dengan jumlah 40 siswa dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Mind Mapping dengan jumlah 40 siswa.Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Make a Match sebesar 88,58 dengan SD 6,77 sedangkan untuk kelas Mind Mapping sebesar 85,43 dengan SD 6,21. Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Mind Mapping terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (2,17 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Mind Mapping pada materi sistem indera manusia di kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Wul p |
Keywords: | Hasil belajar;Model Pembelajaran;Pembelajaran Kooperatife;Make a Macht;Mind Mapping;SIstem Indera Manusia;Indera Penglihat;Indera Pendengar;Indrea Pembau |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11179 |