UNSPECIFIED (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA SUDOKU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331057 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409331057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
409331057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409331057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409331057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409331057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331057 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
409331057 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409331057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan media Sudoku terhadap hasil belajar dan tanggung jawab siswa pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal (r11 = 0,739) serta instrumen data tanggung jawab siswa digunakan lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis pertama yang dilakukan yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan daripada siswa yang diajar terdapat perbedaan yang signifikan sikap tanggung jawab yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number head together dengan media sudoku dibandingkan dengan yang diajar tanpa model tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number head together dengan media Sudoku dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa model tersebut. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan Number head together sebesar 63% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan Direct instruction sebesar 45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010.712 Mar p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; kooperatif tipe NHT; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11163 |