Swari, Ika Putri Indras (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING CTL DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARKIMIA SISWA PADA POKOK BAHASANSISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA docx.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi dan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok Sistem Koloid di MAN 2 Model Medan pada kelas XI IPA Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang reguler Dari populasi diambil Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas realibilitas tingkat kesukaran dan daya beda soalnyaHasil pengolahan data diperoleh ratarata pre test kelas eksperimen I Contextual Teaching and Learning CTL menggunakan metode demonstrasi adalah 35 8 dan rata-rata pre test kelas eksperimen II (pembelajaran konvensional menggunakan metode demonstrasi adalah 30 00 Semua data pre testpost test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian di lakukan uji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas tersebut homogen Setelah diberi perlakuan maka diperoleh rata-rata hasil belajar post test pada kelas eksperimen I sebesar 885 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 73 8 Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh persen peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 83 dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 60 Sehingga dapat diketahui bahwa Ada pengaruh pembelajaran Contextual Teching and Learning CTL dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada pada pokok bahasan sistem koloid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 2 /Swa/p |
Keywords: | Pola pembelajaran Ctl ; Metode demonstrasi ; Sistem koloid ; Dispensi ; Pembuatan sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11154 |