Nasution, Yenni Wahyuni (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331058 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409331058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409331058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
409331058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
409331058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
409331058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409331058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409331058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409331058 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
409331058 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409331058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 18 MEDAN Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari tiga kelas, tekhnik pengambilan sampel secara Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas sampel berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 21 soal (yang telah divalidkan) dengan pilian jawaban 5 option (A,B,C,D dan E). Pada kedua kelas dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-tes. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penenlitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan standart deviasi (SD).Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar tanpa menggunakan M3PK. Nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Nas p |
Keywords: | beljar kimia; M3PK; pandangan konstruktivisme; model induksi; hidrolisis; jenis- jenis garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11131 |