Nst, Putri Junita Sari (2013) PENGARUH MEDIA KARTU KERJA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOIDKELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAHMEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431028 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409431028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
409431028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
409431028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
409431028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409431028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409431028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409431028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409431028 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
409431028 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409431028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media kartu kerja pada model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) Pada Materi Pokok Bahasan sistem koloid di SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara random sampling diambil dari kedua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberi perlakuan GI (Group Investigation) dengan media kartu kerja sedangkan kelas eksperimen II diberi perlakuan GI (Group Investigation) tanpa media kartu kerja. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 80.2 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 52,1 %,. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji pihak kanan dan diperoleh thitung = 3,124 sedangkan ttabel = 1,670 untuk α = 0.05 dan db = 61. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan media kartu kerja pada pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan media kartu kerja pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 2 /Nas/p |
Keywords: | BELAJAR KIMIA ; PEMBELAJARN KOOPERATIF ; GROUP INUSTRAGOTION ; SISTEM KOLOID ; SIFAT KOLOID ; PENGGOLONGAN KOLOID |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11113 |