Daulay, Lily Nureni Habibah (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131044 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409131044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409131044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
409131044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409131044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409131044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409131044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409131044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409131044 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
409131044 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
409131044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh M3PK terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sedangkan sampel diambil dengan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif) sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan Model Konvensional, yang masing-masing berjumlah 24 dan 32 siswa. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen = 50,41 dan post-test = 88,75 dengan persen peningkatan belajar = 77,6% sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 41,09 dan post-test = 75,78 dengan persen peningkatan belajar 58,4%. Dimana perbedaan hasil belajar kedua sampel dilihat berdasarkan selisih peningkatan hasil belajar (gain) antara kedua kelas tersebut yaitu sebesar 19,3%. Adanya peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 7,233 dan harga ttabel = 1,674 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05) sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan M3PK terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Dau p |
Keywords: | Belajar kima; m3pk; Pemikiran konstruktivisme; Pra konsepsi anal; Metode ceramah; Larutan penyangga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11111 |