SIANTURI, AUGUST P (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN PETA KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LSQ(LEARNING START WITH A QUESTION). Undergraduate thesis, UNIMED.
409131009 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
409131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
409131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
409131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkandengan menggunakan media handout dan media peta konsep, akan tetapi penelitiantersebut hanya menggunakan metode konvensional. Dari penelitian tersebut, di dapatbahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media handoutlebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media peta konsep. Melaluipembelajaran aktif tipe LSQ (Learning Start With A Question) dengan menggunakanmedia handout dan peta konsep, peneliti memberikan perlakuan yang sama padakelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan media handout, serta kelas eksperimenII yang dibelajarkan dengan menggunakan media peta konsep. Jumlah sampel yangdigunakan sebanyak 70 orang siswa dan dibagi ke dalam 2 kelas. Dari analisa datauntuk kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan menggunakan media handoutmelalui pembelajaran aktif tipe LSQ diperoleh nilai rata-rata Post-test 76,43 denganstandard deviasi 9,04. Kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan menggunakanmedia peta konsep melalui pembelajaran aktif tipe LSQ diperoleh rata-rata Post-test64,57 dengan standard deviasi 9,02. Kedua kelas berdistribusi normal dan memilikivariasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,78 sedangkan ttabel adalah 1,98 padataraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel(thitung 5,496 > ttabel 1,98). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media handout dan media petakonsep melalui pembelajaran aktif tipe LSQ. Penelitian ini dilakukan di SMKFarmasi APIPSU Medan pada bulan juli 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sia p |
Keywords: | Belajar kimia; Media pembelajaran; Tujuan penggunaan media; Media eta konsep; Hidrokarbon; Senyawa organik; Keunikan atom karbon. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11105 |