Dew, Rapika (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISW YANG MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN TIPE TGTPADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431029 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409431029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
409431029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
409431029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409431029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409431029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
409431029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409431029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409431029 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
409431029 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409431029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diberlakukan dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team AssistedIndividualization (TAI) dan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team GamesTournaments pada materi pokok bahasan Koloid di kelas XI Pertanian SMK T.Amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalahjenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI.1 kelas XI.2 Pertanian SMK T. Amir Hamzah Indrapura yang terdiri dari2 kelas.Sampel yang digunakan adalah sampel secara sampling jenuh yaitu teknikpenentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel,sehingga yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas XI Pertania sebanyak50 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulisberbentuk pilihan berganda. Sebelum soal diberikan kepada siswa, terlebih dahuludi lakukan uji validitas, uji realibilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaransoal dengan rtabel = 0,344 dan taraf signifikansi α = 0,05.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe TAI dan tipe TGT berpengaruh tarhadap hasil belajar kimia siswapada pokok bahasan Koloid. Nilai rata-rata post-tes siswa kelas ekperimen 1adalah 71,35 dan rata-rata post-tes siswa kelas ekperimen 2 adalah 75,42.Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar -1,05sedangkan nilai ttabel sebesar 1,992 pada taraf signifikan α=0,05 sehinggathitung<ttabel, yang berarti dalam penelitian ini Ho diterima sedangkan Ha ditolak.Dengan demikian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antarahasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajarankoperatif tipe TAI dan tipe TGT pada Pokok Bahasan Koloid di SMK T. AmirHamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 345 071 9 /Rap /p |
Keywords: | BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; KOOPERATIF TIPE TGT ; SISTEM KOLOID |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11082 |