Aritonang, Yohana F. U (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEEXAMPLES NON EXAMPLES PADA SUB MATERIPENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341054 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409341054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
409341054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
409341054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
409341054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
409341054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409341054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409341054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409341054 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
409341054 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
409341054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajarankooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar siswa dan responsiswa pada sub materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 4 MedanT.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari9 kelas yang berjumlah 360 siswa. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelasX3 dan X4 yang berjumlah 72 orang. Sampel penelitian ini diambil secara acak danmemiliki jumlah siswa yang sama. Perlakuan yang diterapkan pada penelitian iniadalah untuk kelas X3 diterapkan model pembelajaran konvensional dan di kelasX4 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples.Berdasakan uji persyaratan data yang telah dilakukan diketahui bahwa datahasil pretest, posttest dan angket respon siswa dinyatakan berdistribusi normal danmemiliki varians yang seragam (homogen). Untuk pengujian hipotesis diketahuirata-rata skor hasil belajar siswa di kelas konvensional adalah 18,53 sedangkan dikelas examples non examples adalah 20,4. Dengan menggunakan nilai rata-ratadidapati thitung = -4,1509 sedangkan untuk harga ttabel dengan dk (N-2) = 1,9944.Karena thitung < ttabel yaitu (-4,1509 < 1,9944) maka dalam penelitian ini H01diterima dan Ha1 ditolak, yang berarti hasil belajar siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examlpes non examples tidakberbeda signifikan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakanmodel pembelajaran konvensional pada sub materi pencemaran lingkungan dikelas X SMA Negeri 4 Medan. Yang berarti model pembelajaran examples nonexamples dan konvensional sama-sama dapat digunakan untuk meningkatkanhasil belajar siswa pada sub materi pencemaran lingkungan di kelas X SMANegeri 4 Medan. Namun bila ditinjau dari segi respon siswa dapat dilihat bahwathitung = 3,636 maka thitung > ttabel (3,636 > 1,9944) berarti respon siswa yang diajardengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examplesberbeda signifikan dengan respon siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran konvensional. Respon siswa lebih tinggi pada kelas examples nonexamples.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 107 12 /Ari /p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; RESPON ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; PEMBELAJARAN KOVENSIONAL ; PENCEMARAN LINGKUNGAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11081 |