Lubis, Hutri Purnama (2013) PERBEDAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI EKOSISTEMDI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341026 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409341026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
409341026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409341026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409341026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409341026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409341026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409341026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409341026 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
409341026 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
409341026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe CIRC dengan Model Kooperatif Tipe STAD pada Sub Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X-8 dan kelas X-9) dan pengambilan sampel ditentukan secara purposif sampling. Pada kelas pertama pembelajaran diadakan dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe CIRC dan kelas kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model Tipe Kooperatif Tipe STAD. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre test, dan setelah selesai pengajaran dilakukan post test. Uji validitas dari 40 butir soal ada 38 butir soal yang valid. Dengan demikian 30 butir soal yang digunakan sebagai pengumpul data hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model CIRC dengan Model STAD. Nilai rata-rata skor post-test siswa kelas CIRC adalah 74,833 dengan Standard Deviasi sebesar 9,724. Nilai rata-rata skor post test adalah 70 dengan Standard Deviasi sebesar 10,460 . Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa thitung = 2,152 > thitung = 1,994 maka Ha diterima, H0 ditolak berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa di kelas X-8 dengan menggunakan model CIRC dan X-9 dengan menggunakan model STAD, dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model CIRC lebih baik dibandingkan yang menggunakan model STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 377 107 12 /Lub/p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; KETERAMPILAN KOOPERATIF ; CRC ;EKOSISTEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11080 |