Sari, Anggi Wulan (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341003 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409341003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
409341003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409341003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409341003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409341003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409341003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409341003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409341003 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
409341003 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409341003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas melalui metode role playing pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kisaran Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dari 4 tahap yaitu perencanaan , tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil Penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 24 siswa ( 61,54%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 35 siswa (89,74) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan (85%) siswa memperoleh nilai  65. Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa memperlihatkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode role playing, pada siklus I rata-rata 65% menjadi 78% pada siklus II. Untuk indikator pembelajaran, terdapat 5 indikator yang telah tuntas dan tidak ada indikator yang tidak tuntas.Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang diutarakan diatas, dapat di nyatakan bahwa pembelajaran dengan metode role playing pada materi sistem ekskresi dikelas XI IPA SMA Negeri 4 Kisaran Tahun pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan pemahaman konsep dan ketuntasan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Sar e |
Keywords: | Belajar Bermain; Model Pembelajaran; Model Bermain; Ekskresi; Manusia; Ginjal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11075 |