Siregar, Siska Damayanti (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA HANG TUAH BELAWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141091 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409141091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409141091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
409141091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409141091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141091 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409141091 BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
409141091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA SMA Hang Tuah Belawan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Hang Tuah Belawan yang berjumlah 85 siswa. Sampel diambil secara Classring Sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas Make A Match yang siswanya berjumlah 28 orang dan XI IPA 3 sebagai kelas NHT yang siswanya berjumlah 28 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbandingan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Make A Match dengan NHT (thitung = 3,64> ttabel = 2,006) dengan perbandingan 1,06 : 1. Dimana rata- rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen Make A Match sebesar 87,14 dengan SD = 5,79 sedangkan untuk kelas eksperimen NHT sebesar 81,85 dengan SD = 5,38. Persentase peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Make A Match sebesar 6,46% jika dibandingkan dengan model pembelajaran NHT. Dan jika ditinjau dari aspek kognitifnya (C1-C6), terlihat bahwa persentase siswa yang menjawab soal pos tes dengan benar pada hampir semua aspek kognitif lebih besar terdapat pada kelas eksperimen Make A Match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar; Make A Match; NHT; Sistem Ekskresi Pada Manusia; Ginjal; Augmentasi; Urine; Kulit; Hati; Paru-paru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11073 |