Saza, Sheila (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141088 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
409141088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409141088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409141088 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
409141088 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409141088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) tentang Sistem Ekskresi Manusia kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan yang terdiri atas 10 kelas. Sampel diambil secara Purposive Sampling dan diperoleh sampel untuk kelas XI IPA 4 (Jigsaw) berjumlah 41 orang dan kelas XI IPA 6 (STAD) berjumlah 42 orang. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 40 soal dan lembarobservasi afektif yang di validasi terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukkan pretest kelas Jigsaw (51,15 ± 9,37) dan pretest kelas STAD (51,66 ± 9,05). Sehingga dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa kelas Jigsaw dengan kelas STAD. Sedangkan pada postest kelas Jigsaw(80,54 ± 6,43) dan postest kelas STAD (75,05 ± 7,29). Setelah dilakukan uji
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Saz p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Jigsaw; STAD; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Sistem Ekskresi Manusia; Ginjal; Hati; Urine; Augmentasi; Kulit; Paru-paru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11072 |