Lestari, Widya (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA SMA NEGERI 3 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341053 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409341053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
409341053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409341053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409341053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409341053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409341053 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
409341053 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
409341053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Invidividualization (TAI) dan Group Investigation materi sistem ekskresi Manusia siswa SMA Negeri 3 Kisaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kisaran yang berjumlah 4 kelas, kelas eksperimen satu menggunakan model pembelajaran Team Assisted Invidividualization (TAI) sedangkan kelas eksperimen dua menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), yang ditentukan secara cluster random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 25 item yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data dengan menggunakan analisis uji t. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil Penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Invidividualization (TAI) dengan tipe Group Investigation (GI). Berdasarkan nilai rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Les p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; TAI; Group Investigation; Sistem Ekskresi Pada Manusia; Paru-paru; Hati; Kulit; Ginjal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11066 |