Aprilianti, Dian (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409341009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
409341009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
409341009 abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409341009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
409341009 BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
409341009 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409341009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Number Head Together (NHT) pada submateri pokok sistem ekskresi di kelas XI SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas yang juga menjadi sampel penelitian (kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3).Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar siswa menggunkan model pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together (NHT). Nilai rata-rata postes kelas Jigsaw sebesar 84,74 standar deviasi sebesar 8,20 varians 67,21. Nilai rata-rata postes kelas NHT sebesar 76,06 standar deviasi sebesar 7,96 varians 63,37. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 73,94 standar deviasi sebesar 6,90 varians 47,62. Dari hasil perhitungan hipotesis dengan taraf kepercayaan 0,05, untuk postes diperoleh Fhitung= 21,094 > Ftabel= 3,09. Jadi didapat bahwa Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Jigsaw dan XI IPA 3 yang menggunakan NHT, dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Jigsaw lebih baik dibandingkan yang menggunakan Number Head Together (NHT).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Apr p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw; NHT; Ginjal; Hati; Urine; Augmentasi; Kulit; Paru-paru |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11064 |