Hasibuan, Siti Rahmi (2013) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA DI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 PERBAUNGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341048 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409341048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
409341048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409341048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409341048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409341048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409341048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409341048 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
409341048 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar biologi pada siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Perbaungan. Metode yang digunakan adalah metode konpensional ( ceramah). Instrumen penetian ini dengan menggunakan angket.Kriteria penilaiannya menggunakan kriteria kesulitan belajar menurut Rahman (2006). Sebelum angket diberikan kepada siswa terlebih dahulu divalidkan oleh ahli.Melalui tekhnik analisis data yaitu tekhnik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor sekolah 61,63% yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Pada penelitian ini yang termasuk faktor sekolah yaitu metode mengajar ( 64,20% atau menghambat ), kurikulum ( 64,20% atau menghambat ), relasi guru dengan siswa ( 68,16% atau menghambat ), relasi siwa dengan siswa ( 58,17% atau cukup menghambat ), disiplin guru ( 53,73% atau cukup menghambat ), pendekatan dengan strategi pembelajaran ( 68,37% atau menghambat ), media pembelajaran siswa (49,78 atau cukup menghambat ). Selain faktor sekolah juga terdapat faktor psikologis yaitu adalah intelegensi ( 64,10% atau menghambat ), perhatian ( 61,21% atau cukup menghambat ), minat ( 66,77% atau menghambat ), bakat ( 58,81% atau cukup menghambat), dan motivasi ( 70,67% atau menghambat ).berdasarkan skor keseluruhan adalah 6252 dari skor ideal 9983 atau 62,65% berarti siswa memiliki kesulitan belajar yang menghambat.Berdasarkan hasil analisa angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah faktor psikologis yaitu motivasi sebesar 70,67% yang tergolong kriteria menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 1 Has f |
Keywords: | Belajar; Kesulitan Belajar; Materi Biologi; Struktur Keilmuan Biologi; Tema Persoalan Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11062 |