Siregar, Henni Rahayu (2013) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341023 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
408341023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
408341023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408341023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408341023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408341023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408341023 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
408341023 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
408341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Pada proses belajar mengajar disekolah sering ditemukan adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan tingkat kesulitan pada bidang studi biologi di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidempuan. Data faktor kesulitan belajar siswa diperoleh melalui angket yang divalidkan oleh validator (ahli), sedangkan siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah siswa yang memiliki nilai < KKM yang diperoleh melalui hasil belajar dari nilai ulangan semester siswa. Sampel penelitian adalah 40 orang kelas X-2 dan 40 orang kelas X-3 yang berkesulitan belajar yang diambil secara acak dari populasi. Melalui teknik analisis data yaitu analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan yang menghambat. Pada penelitian ini indikator biologis 42,29%, psikiatrik 65%, intelegensi 68,13%, minat 68,75%, motivasi 65,42%, orangtua 42,71%, suasana rumah 42,19%, guru 66%, lingkungan sekolah 42,29%, materi pelajaran 40,16%, dan media 40,38%. Berdasarkan skor keseluruhan adalah 3556 dari skor ideal 6400 atau 55,56%, berarti siswa memiliki kesulitan belajar yang menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, maka didapatkan bahwa faktor yang paling memperngaruhi tingkat kesulitan belajar adalah faktor orangtua sebesar 42,71% yang tergolong kriteria sangat menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sir a |
Keywords: | Faktor Penyebab Kesulitan Belajar; Faktor Internal; Faktor Eksternal; Strategi Pembelajaran; Guru; Disiplin Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11061 |