Indarianni (2013) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR LUAR SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141042 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409141042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
409141042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
409141042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141042 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409141042 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409141042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar luar sekolah dengan hasil belajar, aktivitas belajar dan sikap siswa terhadap mata pelajaran biologi pada siswa kelas XII IPA SMA Swasta Hang Tuah Belawan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Swasta Hang Tuah Belawan yang berjumlah 84 siswa dan sampel diambil secara purposive sebanyak 62 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 40 butir soal untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa, angket yang berjumlah 30 butir soal untuk mengukur sikap siswa dan daftar kumpulan nilai (DKN) biologi siswa dari semester I sampai semester IV. Hasil analisis data menggunakan koefisien korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan antara bimbingan belajar luar sekolah dengan hasil belajar (rhitung = 0,522 > rtabel = 0,250) dengan koefisien determinasi sebesar 27,24%, hubungan dengan aktivitas belajar siswa (rhitung = 0,361 > rtabel = 0,250) dengan koefisien determinasi sebesar 13,03 %, dan hubungan dengan sikap siswa (rhitung = 0,368 > rtabel = 0,250) dengan koefisien determinasi sebesar 13,54%. Hal ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar luar sekolah ini memberikan kontribusi sebesar 27,42% terhadap hasil belajar, 13,03% terhadap aktivitas belajar dan 13,54% terhadap sikap siswa pada mata pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Ind h |
Keywords: | Bimbingan Belajar; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Sikap; Siswa; Konsep Belajar; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11055 |