Tampubolon, Basana Ayu (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISSIONS (STAD) DAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA SMA SWASTA SANTU PETRUS SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141008 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409141008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
409141008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409141008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
409141008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409141008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141008 BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
409141008 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409141008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Divissions (STAD) dan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa SMA Swasta Santu Petrus Sidikalang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Santu Petrus Sidikalang yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Pengambilan sampel secara acak (random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-1 dan X-2 yang masing-masing tiap kelas berjumlah 50 orang dan 39 orang. Kelas X-1 diajarkan dengan model TAI dan X-2 dengan model STAD. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 20 buah yang digunakan sebagai soal pre-tes dan pos-tes.Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa pada kelas Student Team Achievement Divissions (STAD) dan kelas Team Assisted Individualization (TAI) dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa terlihat adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas Student Team Achievement Divissions (STAD) dan kelas Team Assisted Individualization (TAI), dimana rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Student Team Achievement Divissions (STAD) sebesar 64,3 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) sebesar 58,076. Perbedaan tersebut menyatakan secara statistik pada taraf nyata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 107 12 /Tam /p |
Keywords: | METODE MENGAJAR ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; KETERAMPILAN KOOPERATIF ; EKOSISTEM ; INTRAKSI DALAM EKOSISTEM ; SUKSESI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11053 |