UNSPECIFIED (2013) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341036 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409341036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409341036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409341036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
409341036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409341036 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409341036 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409341036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar dan tanpa media gambar pada sub materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Ar – Rahman Medan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 68 orang. Sampel penelitian merupakan sampel total yaitu kelas dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan
media gambar (X 1) dan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching tanpa media gambar (X 2) yang dipilih secara acak. Masing – masing kelas berjumlah 34 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dengan pilihan berganda 5 (a, b, c, d,dan e), sebelum item tes digunakan sebagai instrument, telebih dahulu peneliti mengujikan soal tersebut ke siswa yang
berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian diperoleh 30 soal yang valid dan memiliki reliabilitas tang tinggi. Setelah instrumen diujikan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar dan tanpa media gambar, dimana rata – rata
postes hasil belajar siswa kelas dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar adalah sebesar 85,676, sedangkan rata –rata postes hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching tanpa media gambar sebesar 80,67. Adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar dan tanpa media gambar terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α= 0,05, dimana thitung > ttabel (2,495 > 1,658), Yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak
sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa di kelas X SMA Swasta Ar – Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar dan tanpa media gambar pada sub materi pokok pencemaran lingkungan dengan peningkatan hasil belajar kelas dengan
menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan media gambar 44,412 dan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching tanpa media gambar 40,082. Perbandingan peningkatan hasil belajarnya adalah 44,412 :40,082
atau sama dengan 1,108 : 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Nur p |
Keywords: | Hipnosis; Zona Alpha; Hypnoteaching; Media Dalam Pembelajaran; Media Gambar; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11047 |