DAULAY, NUR HIDAYAH (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMESTOURNAMEN ) DENGAN MEDIA KARTU REMI KIMIA TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADAPOKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331040 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409331049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
409331040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
409331040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
409331040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409331040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
409331040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409331040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409331040 BAB I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
409331040 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409331040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media Kartu Remi Kimia terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem periodik unsur di SMA Negeri 15 Medan pada kelas X IPA semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dan eksperimen. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,765±0,068 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,606±0,0679.. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (9,353 > 1,6706) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Media Kartu Remi Kimia lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media .Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan Media Kartu Remi Kimia memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran TGT tanpa Media. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 35,469 dan post-tes 84,531 dengan rata-rata gain sebesar 0,765. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 27,5 dan pos-tes 71,406 dengan rata-rata gain sebesar 0,60. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I 76,5% dan pada kelas eksperimen II 60.6%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 15
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 240 7 /Dan/p |
Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF; KOOPERATF TGT ; MEDIA PEMBELAJARAN ; MEDIA KARTU REMI KIMIA ; SISTIM PENIODEK UNSUR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11046 |