Sembiring, Risa Afrianti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZLLE DAN KARTUDOMINSUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAPOKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331051 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409331051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409331051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409331051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409331051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409331051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409331051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409331051 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
409331051 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409331051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media puzzle lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media kartu dominsur. Sampel penelitian kelas eksperimen I berjumlah 30 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media puzzle, sedangkan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media kartu dominsur. Instrumen tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 20 soal. Data yang diperoleh, rata-rata nilai pretes kelas eksperimen I sebesar 56,6 dan rata-rata nilai postes sebesar 72,6. Rata-rata nilai pretes kelas eksperimen II adalah 63,4 dan rata-rata nilai postes adalah 84,1. Hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 6,549 dan ttabel pada dk = 58 taraf nyata = 0,025 adalah 2,0021. Diperoleh thitung > ttabel (6,549 > 2,039), maka Ha diterima, berarti ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media puzzle dan kartu dominsur. Persen Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen peningkatan keberhasilan pada kelas eksperimen 1 sebesar 36 % sedangkan pada kelas eksperimen 2 sebesar 56.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541 207 1 / Sem /p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; PEMBELAJARAN KOOPENATIF TIPE STAD ; MEDIA PEMBELAJARAN ; MEDIA PUZZLE ; SISTIM UNSUR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11044 |