Asyari, Humairoh (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141037 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409141037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
409141037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
409141037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
409141037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
409141037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409141037 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
409141037 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
409141037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan STAD pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 318 orang siswa yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa terdiri dari kelas X-3 yang yang menggunakan model NHT dan kelas X-7 yang menggunakan model STAD yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Data penelitian diambil melalui hasil pretes sebagai data awal dan postes sebagai data hasil penelitian. Hasil belajar kelompok NHT (rata-rata 72,11 dan simpangan baku 6,149) sedangkan kelompok STAD (rata-rata 72,69 dan simpangan baku 7,545) dan setelah dilakukan uji t pada taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh nilai thitung < ttabel (0,35 < 1,997). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model NHT dengan STAD pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Asy p |
Keywords: | Proses Belajar Mengajar; Cooverative Learning; Kooperatif Tipe NHT; Kooperatif Tipe STAD; Ekosistem; Habitat dan Nisia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11041 |