Amalia, Dwi Ridha (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 7 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341012 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
409341012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
409341012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409341012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
409341012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
409341012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
409341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
409341012 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
409341012 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409341012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Think – Pair – Share (TPS) pada sub materi pokok pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013 sebanyak 180 orang. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X-3 sebanyak 36 orang dimana teknik pengambilan sampelnya dilakukan sesuai kebutuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data
dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda. Terdiri dari 20 item soal dan lembar observasi. Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari empat indikator yaitu (1) tingkat penguasaan siswa, (2) ketuntasan belajar siswa, (3) ketercapaian TPK, (4) hasil observasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa (1) tingkat penguasaan siswa terhadap pembelajaran sebesar 77,5 % sehingga syarat ketercapaian tingkat penguasaan siswa terpenuhi. (2) dari 36 sampel terdapat 31 orang (86,11%) yang telah tuntas belajar. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. (3) ketercapaian Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) sebanyak 4 TPK (80%) dari 5 TPK. (4) Dari lembar observasi kegiatan guru dan siswa secara
keseluruhan adalah sangat baik. Berdasarkan keefektifan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa pembelajaran metode kooperatif teknik Think – Pair – Share (TPS) efektif untuk digunakan pada sub materi pokok pencemaran lingkungan
kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ama e |
Keywords: | Hasil Belajar; Efektifitas Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Pencemaran Lingkungan; Limbah dan Daur Ulang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11037 |