Handayani, Nurfajri (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AIR JOMAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141069 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
409141069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409141069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
409141069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409141069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409141069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409141069 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
409141069 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
409141069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Perbandingan pendekatan kontekstual dalam pengajaran biologi Ekosistem di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Air Joman dengan membandingkan hasil belajar yang menggunakan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dan tipe STAD (Student Teams Achievment Division). Perbandingan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS dan STAD dalam meningkatkan hasil belajar biologi diketahui dari kemampuan siswa SMP mengerjakan soal biologi sebelum dan sesudah proses belajar mengajar dengan pengambilan sampel secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi biologi karena siswa diajak untuk menemukan sendiri informasi belajar yang dibutuhkannya. Model kooperatif tipe TPS menjadikan siswa memiliki pasangan sehingga menumbuhkan sikap tanggung jawab akan masalah yang harus dipecahkan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS (76,13 ± 10,79) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe STAD (67,33 ± 13,90). Analisis statistik menunjukkan ada perbandingan yang signifikan antara penerapan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS dan tipe STAD (thitung 2,72 > ttabel 1,973) dengan taraf signifikansi 5%. Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan pendekatan kontekstual model kooperatif tipe TPS materi ekosistem, maka perlu dipikirkan untuk aplikasi pendekatan kontekstual tipe TPS ini dalam pengajaran materi biologi lain atau untuk pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Han p |
Keywords: | Pendekatan Kontekstual; Model Kooperatif; Hasil Belajar; Berfikir Kritis; Ekosistem; Penyusun Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11035 |