Siregar, Febri Malinda (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN TANPA PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341024 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
409341024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
409341024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409341024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409341024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409341024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409341024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341024 BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409341024 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409341024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi peta konsep dengan tanpa strategi peta konsep pada materi ekosistem di kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 105 orang. Metode Pengambilan sampel penelitian diambil secara random sampling yakni kelas X1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Peta Konsep dan kelas X2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas tanpa Peta Konsep. Jenis peneitian ini adalah penelitian eksperimen.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,3 dengan standar deviasi 6,27 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,0 dengan standar deviasi 6,41. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (1,51 < 1,997), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran peta konsep dan kelas kontrol dengan tanpa strategi pembelajaran peta konsep. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,8 dengan standar deviasi 7,34 dan kelas kontrol 71,24 dengan standar deviasi 8,71. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,614 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel (3,614 > 1,667) maka H diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi peta konsep dengan tanpa strategi peta konsep pada materi ekosistem di kelas X Swasta Al-Hidayah Medan TP. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Sir p |
Keywords: | Belajar Mengajar; Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Peta Konsep; Cara Menilai; Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11034 |