Pane, Helmina (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141032 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409141032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409141032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409141032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409141032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409141032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141032 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
409141032 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random) yaitu didapat 82 siswa dimana XI IPA 1 menjadi kelas eksperimen 1 dan XI IPA 2 menjadi kelas eksperimen 2 . Hasil menunjukkan bahwa ada perbandingan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS). Hasil analisis data menunjukkan (thitung = 2,329 > ttabel = 1,990) dengan perbandingan 1:1,045. Dimana rata-rata hasil belajar post test siswa pada kelas eksperimen Numbered Head Together (NHT) sebesar 75,58 dengan SD = 6,11 sedangkan untuk kelas eksperimen Think Pair Share (TPS) sebesar 78,97 dengan SD = 7,097. Persentase peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebesar 4,485% jika dibandingkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Pan p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; NHT; TPS; Sistem Reproduksi Manusia; Siklus Menstruasi; Fertilisasi; Reproduksi Wanita; Pria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11020 |