Turnip, Poi Novelina (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 P. SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141072 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
409141072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409141072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409141072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409141072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409141072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141072 BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
409141072 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409141072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBL) dengan model pembelajaran langsung (DI) pada materi pokok Sistem reproduksi di kelas XI SMA N 1 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Pematangsiantar yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 204 orang. Pengambilan sampel secara acak kelas (cluster random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI-IPA2 dan XI-IPA3 yang berjumlah 79 orang. Kelas XI-IPA2 diajarkan dengan model PBL dan XI-IPA3 dengan model DI. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas PBL sebesar 76,10 lebih tinggi dibanding kelas DI yaitu sebesar 68,82 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 7,28%. Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 2,48 dan ttabel=1,9815 dengan dk=77 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika thitung < ttabel dan menerima Ha jika thitung > ttabel, maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model PBL dan DI pada materi pokok Sistem reproduksi di Kelas XI-IPA SMA N 1 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 71 Tur p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Direct Instruction; Sistem Reproduksi Pria; Sistem Reproduksi Wanita; Menstruasi; Fertilisasi; Kehamilan; Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11019 |