Nasution, Rika Septiyany (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ALAT LABORATORIUM DENGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.A. 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421024 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409421024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
409421024 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
409421024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
409421024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409421024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409421024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409421024 BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
409421024 BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
409421024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
409421024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar dengan menggunakan media alat laboratorium dan dengan mediaanimasi pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 5 Medan T.A. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 417 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan media alat laboratorium dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan media animasi. Kedua kelas berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretes kedua kelas yang berdistribusi normal dan selanjutnya dilakukan uji homogenitas data sehinggadiketahui kedua sampel kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postesdiperoleh dengan hasil rata-rata kelas eksperimen I yang menggunakan media alatlaboratorium 59,26 dengan standar deviasi 11,21 dan kelas eksperimen II yang menggunakan media animasi 54,07 dengan standar deviasi 12,81. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,04 dan ttabel = 1,9, sehingga thitung > ttabel (2,04 >1,9) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media alat laboratorium dan dengan media animasi di SMA Negeri 5 Medan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Nas p |
Keywords: | Media; Pembelajaran; Animasi; Taksonomi Bloom Anderson; Suhu; Pemuaian; Termometer; Kalor; Azas Kalor |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11008 |