Singarimbun, Desi Kristiani (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN TIPE COOPERATIF INTEGREATED READING AND COMPOSITION DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORIBERBANTUAN ALAT PERAGA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT DI SMP PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311008 cover.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408311008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
408311008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
408311008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
408311008 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408311008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
408311008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
408311008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
408311008 Bab I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408311008 Bab V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408311008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperatif Intgreated Reading and Composition (CIRC) berbantuan alat peraga lebih baikdaripada pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga pada materi segiempat kelas VII SMP Pencawan Medan T.A 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sebagai populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pencawan Medan. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIIA dan kelas VIIB. Banyak siswa untuk masing-masing kelas adalah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tes terdiri dari 5 soal yang digunakan untuk mendapatkan datakemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai rata-rata tes kemampuanpemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen adalah 78,59 dengan nilai terendah 70, nilai tertinggi 90 dan standar deviasi 5,44. Nilai rata-rata tes kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa pada kelas kontrol adalah 72,25 dengan nilai terendah 65, nilai tertinggi 87 dan standar deviasi 4,98. Dari hasil analisis data posttest kelas eksperimen diperoleh L0< L tabel (0,1473 < 0,1566) dan data posttestkelas kontrol diperoleh L0< Ltabel (0,1299 < 0,1566), sehingga disimpulkan data posttest kedua kelas adalah normal. Dari uji homogenitas data posttest adalah homogen, karena hitung F < tabel F (1,192 < 1,823). Kemudian dari uji hipotesis data posttest siswa diperoleh dk = 62 dan taraf nyata α= 0,05 dan thitung = 4,876 sedangkan ttabel = 1,669 ternyata thitung > ttabel maka Ha diterima dan menolak Ho. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperatif Intgreated Reading and Composition (CIRC) berbantuan alat peraga lebih baik daripada pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga pada materi segiempat kelas VII SMP Pencawan Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Tipe CIRC; Model Pembelajaran; Pembelajaran Ekspositori; Media Pembelajaran Alat; Pelajaran Segi Empat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11007 |