Sam, M. Arief Pratama (2013) EFEKTIF MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP KOMUNIKATIF DAN KERJA SAMA SERTA HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331032 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
409331032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409331032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409331032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409331032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409331032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409331032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409331032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409331032 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
409331032 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409331032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Tangga terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Hamparan Perak dalam pembelajaran kooperatif.(2) apakah ada perbedaan nilai rata-rata pada masing perlakuan.(3) apakah sikap komunikatif dan kerjasama yang diajar dengan menggunakan media Ular Tangga lebih baik. (4) apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap komunikatif dan kerjasama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 3 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe TGT dengan penggunaan media Ular Tangga dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe TGT dan eksperimen III sebagai kelas Direct Instruction. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif berjumlah 18 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (TGT dengan menggunakan media Ular Tangga adalah 18 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (TGT) adalah 22,33 dan kelas eksperimen III (Direct Instruction) adalah 21,56. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 76 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 68,43 dan kelas eksperimen III sebesar 56,53. Dari data tersebut setelah dianalisis, (1) media Ular Tangga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Terlihat dari hasil peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 70%, kelas eksperimen II sebesar 58% dan kelas eksperimen III sebesar 44%.yang (2) terdapat perbedaan nilai rata-rata pada masing perlakuan. Hal ini terlihat dari gain hasil belajar eksperimen I lebih tinggi (21,01) daripada hasil belajar eksperimen II (17,53) dan eksperimen III (13,20). (3) media Ular Tangga pada pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik terhadap karakter sikap komunikatif dan kerjasama. Hal ini terlihat dari nilai sikap komunikasi, dan diperoleh hasil pada kelas eksperimen I adalah 76,94, kelas eksperiemen II sebesar 69,71 dan eksperimen III sebesar 66,80. Dan rata-rata sikap kerjasama pada kelas Eksperimen I adalah 81,66, kelas eksperimen II adalah 76,66 dan kelas eksperimen III sebesar 41,00. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat (4) Hubungan signifikan antara sikap komunikatif dan kerjasama terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak yang diajarkan dengan menggunakan media Ular Tangga pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sam e |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Direct Instruction; Teams-Games-Tournaments; Media Pembelajaran; Media Ular Tangga Kimia; Materi Ajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10988 |