Simbolon, Pardamean (2014) PENGARUH MEDIA ANIMASI FLASH DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104131011 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4104131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4104131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4104131011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4104131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4104131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4104131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4104131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4104131011 BAB I.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
4104131011 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4104131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Media Animasi Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe TAI terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 11 Medan pada kelas X semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan TAI dengan Media animasi flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan TAI tanpa Media animasi flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,53319±0,125 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,46657±0,10783. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (2,40 > 1,6723) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Media Animasi Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media Animasi Flash dalam pembelajaran Kooperatif tipe TAI. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran TAI dengan Media Animasi Flash memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pembelajaran TAI tanpa Media Animasi Flash. Dan Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 53,319 % sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 46,657 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Sim p |
Keywords: | Belajar Kimia; Media Pembelajaran; Komputer; Animasi Flash; Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10984 |