Sari, Icha Novika (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121037 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
409121037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
409121037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409121037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409121037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
409121037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
409121037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
409121037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
409121037 BAB I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409121037 BAB V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
409121037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (13kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa setelahguru menerapkan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Cahaya dikelas VIII semester II SMP Negeri 29 Medan, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh tingkat berpikir kritis tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Cahaya dikelas VIII semester II SMP Negeri29 Medan, 3) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Cahaya dikelas VIII semester II SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 29 Medan, terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-4 (sebagai kelas eksperimen) berjumlah 37 siswa dan kelas VIII-5 (sebagai kelas kontrol) berjumlah 36 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,403 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 36,300. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran advance organizer berbantuan komputer dan kelas kontrol dengan pembelajaran advance organizer. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil ratarata kelas eksperimen73,695 dan kelas kontrol 66,108.Dari hasil uji t diperoleh thitung= 2,165 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung> ttabel (2,165>1,99) maka Ho ditolak,dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer berbantuan komputer dengan model pembelajaran advance organizer di kelas VIII semester genap SMP Negeri 29 Medan. Terdapat hubungan tingkat berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika siswa setelah menerapkan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 29 Medan, dengan F(hitung) > F(tabel) (300.96 > 4.10) dan diperoleh F(hitung)> F(tabel (181.87>4.10) setelah menerapkan model pembelajaran advance organizerberbantuan komputer pada materi pokok Cahaya di kelas VIII semester II SMPNegeri 29 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Sar p |
Keywords: | Advance Organizer; Komputer; Lembar Kerja Siswa; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Psikomotorik; Peta; Konsep; Cahaya; Pembiasan; Pemantulan Cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10981 |