Hilma (2014) PENGARUH MEDIA KOMPUTER (MICROSOFT OFFICE POWERPOINT) YANG DIINTEGRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIVISI KELOMPOK PELAJAR BERPRESTASI (STAD) PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331022 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409331022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
409331022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
409331022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
409331022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
409331022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409331022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
409331022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409331022 BAB I.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
409331022 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409331022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komputer (microsoft office powerpoint) yang diintegrasikan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe divisi kelompok pelajar berprestasi (STAD) dan model Pembelajaran Kooperatif Tipe divisi kelompok pelajar berprestasi (STAD) tanpa menggunakan microsoft office powerpoint pada pokok bahasan ikatan kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA N 13 Medan dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas yang terdiri atas kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Data yang diamati adalah hasil belajar kimia siswa, yang dikumpulkan melalui tes pilihan berganda sebanyak 20 soal terdiri dari 5 option jawaban, yang telah diujicobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dua pihak, dimana sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil belajar kelas eksperimen I rata-rata nilai pretest 38,19 dan post-test 76,38 dengan rata-rata gain sebesar 61,4 %. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretest 37,50 dan post-tes 72,91 dengan rata-rata gain sebesar 56,1 %. Hasil uji statistik menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 2,394 dan ttabel pada  = 0,05 sebesar 1,996, yang berarti thitung berada pada daerah kritis (t < - 1,996 dan t > 1,996) Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan media komputer (microsoft office powerpoint) yang diintegrasi dengan model pembelajaran divisi kelompok pelajar berprestasi (STAD) dan model pembelajaran divisi kelompok pelajar berprestasi (STAD) tanpa menggunakan media komputer pada pokok bahasan Ikatan Kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Hil p |
Keywords: | Belajar Kimia; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Media Berbasis Komputer; Microsoft Powerpoint; Ikatan Kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10974 |