Andriani, Nova (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS XI SMAN 2 TEBING TINGGI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431024 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
409431024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409431024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
409431024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
409431024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
409431024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
409431024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
409431024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409431024 BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
409431024 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409431024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan menggunakan Handout pada materi Struktur Atom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak random sederhana dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 37,22 ± 7,12 dan nilai rata-rata postest adalah 82,63 ± 8,74 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 37,5 ± 6,59 dan nilai rata-rata postest adalah 74,68 ± 9,15. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen diperoleh 72,9% dan nilai rata-rata gain untuk kelas kontrol dalah 59,8%, sehingga kontribusi peningkatan hasil belajar adalah sebesar 12,5%. Kemudian hasil uji hipotesis didapat padataraf signifikan 0,05 denan thitung 4,5605 dan ttabel 1,6647, sehingga thitung>ttabel (4,5605 > 1,6647), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan menggunakan Handout dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 And p |
Keywords: | Belajar Kimia; Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Sumber Belajar; Materi Ajar; Atom Modern; Konfigurasi Elektron |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10953 |