Harianja, Eifko (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PARE-SHARE) TERHADAPHASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131019 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409131019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
409131019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409131019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
409131019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409131019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409131019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409131019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409131019 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
409131019 BAB V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409131019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pare-Share)lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS(Think-Pare-Share)(konvensional) pada pokok bahasan Laju Reaksi di kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA. Sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih secara random sampling. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas kontrol diberi pengajaran tanpa model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pare-Share)(konvensional). Hasil analisis data pre-test diperoleh Fhitung = 1,06 dan Ftabel = 2,05, yang menyatakan data tersebut homogen dan berdasarkan uji normalitas pre-test dan pos-testkelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 30,66 dan 84,16 serta nilai rata-rata kelas kontrol adalah 43,33 dan75,66. Rata-rata gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 77% dan 57%. Uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,09 dan ttabel = 1,6723, thitung > ttabel makahasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pare-Share)lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pare-Share)(konvensional) pada pokok bahasanLaju Reaksi di kelas XI SMA Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Think-Pair-Share; Pembelajaran Konvensional; Materi Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10941 |