Siallagan, Nurbetty (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131056 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409131056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409131056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
409131056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409131056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409131056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409131056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409131056 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
409131056 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409131056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh stategi POGIL dengan media handout terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA pada pokok bahasan struktur atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 7 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang dipilih secara purposive, kelas eksperimen dibelajarkan dengan strategi POGIL dan media handout sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sebagai alat pengumpul data digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah valid dengan reliabilitas adalah 0,926. Penelitian dilakukan dengan rancangan rancangan eksperimen sungguhan dalam bentuk pretest-postest control grup design. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,12 dan rata-rata postes kelas eksperimen 75,62 dengan peningkatan sebesar 61% sedangkan kelas kontrol rata-rata pretes adalah sebesar 36,37 dan postest sebesar 71,37 dengan peningkatan sebesar 54%. Nilai KKM sekolah adalah sebesar 75, maka rata-rata nilai postes kelas eksperimen telah lulus KKM sedangkan kontrol tidak. Sedangkan aspek kognitif yang terkembang pada kelas eksperimen adalah kognitif pengetahuan (C1) sebesar 66%, Pemahaman (C2) sebesar 60% dan Aplikasi (C3) sebesar 54%. Sedangkan pada kelas kontrol aspek kognitif yang terkembang adalah Pemahaman (C2), Aplikasi (C3) dan Pengetahuan (C1) secara berurut sebesar 51%, 54%, dan 53%. Semua data pretes, postes, berdistribusi normal dan kedua kelas sampel homogen. Sesuai uji-t diperoleh hasil Ho ditolak yang berarti hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi POGIL dan media handout lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sia p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia; Pembelajaran Konvensional; Dasar Pembelajaran PROGIL; Media Pembelajaran; Struktur Atom |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10940 |