Lubis, Nur Sahara (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ORIENTASI INKUIRI TERBIMBING (POGIL) DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAPA HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431026 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409431026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
409431026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409431026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409431026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
409431026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409431026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409431026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409431026 BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
409431026 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409431026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi pembelajaran proses inkuairi terbimbing (POGIL) dengan menggunakan Handout terhadap hasil belajar siswa SMA kelas 2 pada materi struktur atom di SMA N 1Panyabungan Utara . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Panyabungan Utara yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara random sampling diambil dari kedua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan Startegi proses pembelajaran inkuiri terbimbing (POGIL) dengan menggunakan handout sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah dengan menggunakan Handout. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelaseksperimen sebesar 81.78 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelaskontrol sebesar 52,41 %. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-testuji pihak kanan dan diperoleh thitung = 3,855 sedangkan ttabel = 1,670 untuk α=0.05 dan db = 61. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar kimia siswa yang di ajar dengan menggunakan strategi pembelajaranorientasi inkuiri terbimbing (POGIL) dengan menggunakan Handout lebih tinggidari pada dari hasil belajar siswa yang di ajar dengan pembelajaran konvesionaldengan menggunakan Handout .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Lub p |
Keywords: | Belajar Kimia; Strategi Pembelajaran; Inkuiri; Struktur Atom; Atom Bhor; Kuantum dan Orbital Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10936 |