PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 1 SOSOR GADONG KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Simanungkalit, Erik Soparma (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 1 SOSOR GADONG KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408121043 COVER.pdf]
Preview
Text
408121043 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408121043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408121043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408121043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408121043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408121043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408121043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408121043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 BAB I.pdf]
Preview
Text
408121043 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 BAB V.pdf]
Preview
Text
408121043 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 408121043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408121043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013 ; (2) mengetahui bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttes two group. Populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Sosorgadong yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 30,86 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 31,20. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh bahwa rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 76,57 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 73,71. Pada hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak, diperoleh thitung < ttabel(1,108<1,668), pada taraf signifikansi &#945; = 0,05 dan dk = 68. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013. Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas siswa lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas siswa di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Sim p
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; NHT; TPS; Arus; Kuat Arus; Ohm; Hambatan Listrik; Rangkaian Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item
View Item