Siburian, Bellina (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONG T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121011 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409121011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
409121011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
409121011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409121011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
409121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
409121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siborongborong T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong T.P.2012/2013, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol di mana setiap kelas terdiri dari 38 orang siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test. Tes yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban dan 4 pilihan yang lain sebagai pengecoh. Semua soal dalam penelitian ini diambil dari buku Fisika SMA kelas X disesuaikan dengan kompetensi dan indikator. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 34,47 dan nilai rata-rata post-test adalah 74,21. Nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 32,47 dan nilai rata-rata post-test adalah 66,97. Data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pengujian hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,01 dan ttabel = 1,67 (α = 0,05). Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = 74, ini berarti nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sib p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TPS; Praktikum; Konvensional; Listrik; Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10919 |