Solin, Nesron Martua (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421014 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409421014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409421014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
409421014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
409421014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409421014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
409421014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409421014 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
409421014 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1PancurbatuT.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 8 kelas yang terdiri dari 311 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-4 sebanyak 38 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan kelas X-5 sebanyak 38 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 31,97 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 29,21. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 82,50 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai postes siswa 60,39 dengan. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,23> 1,66 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 74. Hal ini berarti Ha terima dan dapat disimpulkan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sol p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran; Kontruktivisme; Learning Cycle; Listrik Dinamis; Arus; Kuat Arus; Alat Ukur; Hambatan Listrik; Energi; Daya Listrik |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10918 |