Gultom, Shinta Sonia (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121076 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409121076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409121076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409121076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
409121076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409121076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409121076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409121076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409121076 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
409121076 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409121076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu Lembar Kegiatan Siswa dengan model pembelajaran langsungpada materi pokok Optik Geometri di Kelas X Semester Genap SMANegeri 7 Medan T.P. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-9 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara cluster random sampling.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen sebagai validator. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,9dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 37,1. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh rata-rata postes diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 73,2 dan kelas kontrol 66,8dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung= 2,782>ttabel =1,994pada taraf signifikan α = 0,05 maka hipotesis altenatif (Ha) diterima, dimana ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa menggunaanmodel pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu Lembar Kegiatan Siswadengan model pembelajaran langsung pada materi pokok Optik Geometri di kelas X Semester II SMANegeri 7 Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.330 712 Gul p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; NHT; LKS; Pembelajaran Langsung; Optik Geometris |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10904 |