Harahap, Intan Pertiwi (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGAL T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311020 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409311020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
409311020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409311020 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409311020 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409311020 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409311020 BAB V.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409311020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiripada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Sunggal T.A 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1Sunggal yang berjumlah 37 orang siswa dan objek penelitian ini adalahmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaranInkuiri pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Sunggal T.A2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dandokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 5 dari 37 orang siswa (13,5%) dengan rata-rata kelas 46,5. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 26 orang siswa (70,3%) dengan rata-rata kelas 71,3. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 33 orang siswa (89,2%) dengan rata-rata77. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telahmencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan model pembelajaran inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Har m |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Model Pembelajaran Inkuiri; Inkuiri Kelompok; Materi Teorema Phytagoras; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10899 |