Septika, Poppy Aulia (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELASA X SEMESTER II SMAN 5 BINJAI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421019 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409421019 pengesahan sah.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409421019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409421019 abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409421019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409421019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409421019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
409421019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
409421019 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
409421019 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409421019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa akibat pengaruh diajarkan dengan model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep dan pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 5 Binjai T.P 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMANegeri 5 Binjai yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh kelas secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihanberganda sebanyak 20 soal yang terdiri dari 5 option. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung adalah 1,693 dan ttabel adalah 1,665 sehingga thitung lebih besar dari ttabel. Perolehan data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran advance organizermenggunakan peta konsep dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 5 Binjai T.P 2012/2013. Aktivitas siswa meningkat dari pertemuan I cukup aktif dengan nilai 44,7 menjadi aktif pada pertemuanII dengan nilai 74,8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Sep p |
Keywords: | Advance Organizer; Peta Konsep; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Arus Listrik; Tegangan Listrik; Hambatan Listrik; Resistor; Ohm; Rangkaian |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10896 |