Simbolon, Yunita (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA JOSUA MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341057 Cover.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409341057 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
409341057 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409341057 Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409341057 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409341057 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409341057 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409341057Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409341057 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
409341057 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409341057 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409341057 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) pada sub materi pokok sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian sebanyak 1 kelas yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,33. Begitu juga pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75,56. Pada penelitian ini diperoleh kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan berdasarkan tes akhir. Dari 30 orang siswa terdapat 6,67% siswa yang mempunyai tingkat penguasaan sangat tinggi, 26,67% siswa yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, 60% siswa yang mempunyai tingkat penguasaan sedang, 6,67% siswa yang mempunyai tingkat penguasaan rendah dan siswa yang mempunyai tingkat penguasaan rendah sekali adalah tidak ada. Dari data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal dari 30 orang sebanyak 24 orang siswa atau 80% yang memproleh nilai ≥ 65 dan 6 orang siswa atau 20% yang memperoleh nilai ≤ 65. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.850 712 Yun u |
Keywords: | Konsep Pembelajaran; Penelitian Tindakan Kelas; Saraf Manusia; Sel Saraf; Gerak Refleks; Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10890 |