Marpaung, Masnur (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121055 COVER.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
409121055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409121055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409121055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409121055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409121055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
409121055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
409121055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
409121055 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
409121055 BAB V.pdf - Published Version
Download (987kB) | Preview
409121055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,71dengan standar deviasi 11,27 , dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,43 dengan standar deviasi 11,34. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan α = 0,05, diperoleh thitung =0,47, ttabel = 1,99 sehingga thitung < ttabel maka H0 diterima, dengan demikian diperolehbahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yangsama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan modelpembelajaran inquiry training berbasis mindscaping dan kelas kontrol dengan dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diperoleh postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,86 dengan standar deviasi 12,72 dan kelas kontrol 61,71 dengan standar deviasi 10,57. Hasil uji t satu pihak dengan dk = 68 dan taraf signifiksn α = 0,05 diperoleh thitung = 4,35, ttabel = 1,67 sehingga sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulanadanya pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Mar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Inquiry Training; Mindscaping; Cahaya; Pemantulan Cahaya; Cermin; Sifat Bayangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10889 |