Sartika, Ananda Irhamna (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP SWASTA MEDAN PUTRI MELALUI PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311004 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
409311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
409311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
409311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
409311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
409311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
409311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Swasta Medan Putri . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui pembelajaran Kooperatif tipe TPS di kelas IX SMP Swasta Medan Putri. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 25 orang.Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi berupa wawancara kepada guru kelas untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Dan pada observasi awal peneliti langsung meniliai aktiviatas belajar matematika siswa dalam mengemukakan pendapat, serta memperhatikan dan menanggapi pendapat orang lain. Hasil analisis data observasi aktivitas belajar matematika siswa dalam mengemukakan pendapat pada observasi awal sebesar 48,5%, aktivitas belajar matematika siswa dalam memperhatikan dan menanggapi pendapat orang lain sebesar 50%. Pada siklus I lembar aktivitas disesuaikan dengan model pembelajaran kooperati TPS yaitu think (berpikir individu), pair (berdiskusi pasangan) dan share (presntasi) sebesar 60% dengan kriteria baik dan sangat baik. Pada siklus II aktivitas siswa berupa think (berpikir individu), pair (berdiskusi pasangan) dan share (presntasi) sebesar 76% dengan kriteria baik dan sangat baik. Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, artinya adanya perubahan mengelola kelas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I peneliti mendapat nilai dalam mengelola kelas adalah 2,05 dengan kriteria kurang baik, dan pada siklus II peneliti mendapat nilai dalam mengelola kelas 3,1 dengan kriteria baik. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi tabung dan kerucut dikelas IX-1 SMP Swasta Medan Putri T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sar u |
Keywords: | aktivitas belajar siswa; pembelajaran kooperatif; tipe think pair share; karakteristik; bangun ruang sisi lengkung; tabung; kerucut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10879 |