Despani, Arina (2013) PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN ( MIND MAP ) DAN TANPA MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN PADA SUB MATERI SISTEM INDRA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
409141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
409141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
409141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
409141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
409141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
409141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map) dan tanpa menggunakan teknik Mind Map pada sub materi sistem indra manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidamanik tahun pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sidamanik. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Untuk kelas XI IPA1 diberikan pengajaran tanpa menggunakan teknik Mind Map sedangkan untuk Kelas XI IPA2 diberikan pengajaran dengan teknik Mind Map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan teknik Mind Map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub materi sistem indra manusia. Rata-rata aktivitas belajar siswa yang menggunakan teknik Mind Map adalah 68 dengan kategori aktif sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa tanpa menggunakan teknik Mind Map adalah 51,42 dengan kategori kurang aktif. Rata-rata nilai pre tes siswa tanpa menggunakan teknik Mind Map adalah 50,10, sedangkan rata rata nilai pretes siswa yang menggunakan teknik Mind Map adalah 48,7. Setelah diberikan pengajaran, rata rata hasil belajar siswa meningkat yaitu 78,84 untuk siswa yang menggunakan Mind Map dan 73,8 untuk siswa tanpa menggunakan teknik Mind Map. Analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan aktivitas belajar siswa yang menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map) dan tanpa menggunakan teknik Mind Map dimana thitung > ttabel (6,710>1,996). Adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik peta pikiran (Mind Map) dan tanpa menggunakan teknik Mind Map juga terbukti dari hasil uji hipotesis dimana thitung > t tabel (2,456>1,996).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 611.307 12 Des p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Peta Pikiran; Otak Manusia; Memori Jangka Panjang; Proses Pembelajaran; Sistem Indera Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10875 |