PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI

Pinem, Indah Andriani (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408141061 COVER.pdf]
Preview
Text
408141061 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408141061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408141061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408141061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408141061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 DAFTAR TBAEL.pdf]
Preview
Text
408141061 DAFTAR TBAEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408141061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408141061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 BAB I.pdf]
Preview
Text
408141061 BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 BAB V.pdf]
Preview
Text
408141061 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 408141061 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408141061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI SMA Prayatna Medan T.P 2012/2013. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Prayatna Medan yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 250 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak yang terdiri atas dua kelas dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 25 soal pilihan berganda. Bedasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil pretes dan postes dari kedua kelas penelitian dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Untuk pengujian hipotesis diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I (TPS) sebesar 82,5 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) sebesar 80,7. Dengan menggunakan nilai rata-rata diketahui harga thitung = 0,746. Sedangkan untuk harga ttabel dengan dk (N-2) = 1,667. Karena thitung < ttabel (0,746 < 1,667) maka dalam penelitian ini Ha ditolak sekaligus menerima H0 yang berarti tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada Sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI SMA Prayatna Medan T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 611.307 12 Pin p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TPS; STAD; Sistem Indera Manusia; Indera Penglihat; Indera Pendengar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10870

Actions (login required)

View Item
View Item