Pinem, Indah Andriani (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM INDERA MANUSIA DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141061 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408141061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408141061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408141061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408141061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408141061 DAFTAR TBAEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408141061 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408141061 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408141061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI SMA Prayatna Medan T.P 2012/2013. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Prayatna Medan yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 250 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak yang terdiri atas dua kelas dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 25 soal pilihan berganda. Bedasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil pretes dan postes dari kedua kelas penelitian dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Untuk pengujian hipotesis diketahui nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I (TPS) sebesar 82,5 sedangkan pada kelas eksperimen II (STAD) sebesar 80,7. Dengan menggunakan nilai rata-rata diketahui harga thitung = 0,746. Sedangkan untuk harga ttabel dengan dk (N-2) = 1,667. Karena thitung < ttabel (0,746 < 1,667) maka dalam penelitian ini Ha ditolak sekaligus menerima H0 yang berarti tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada Sub Materi Pokok Sistem Indera Manusia di Kelas XI SMA Prayatna Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 611.307 12 Pin p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TPS; STAD; Sistem Indera Manusia; Indera Penglihat; Indera Pendengar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10870 |